Note:

Sudut Pandang Tentang Perkotaan, Perdesaan, Kewilayahan, dan Segala Dinamika Keruangan yang ada di antaranya.

Peduli

(Disclaimer: Bukan Ahli, Hanya Mencoba Untuk Lebih Peduli)

Mengenai Saya

Foto saya
Father of Two Beloved Son|| Bureaucrat|| Urban and Regional Planner (Master Candidate)|| Content Writer|| Content Creator|| Reading Holic|| Obsesive, Visioner, and Melankolis Man||

EDISI SPESIAL 1 TAHUN: Bedah Sosok di balik Villesian

By | 1 comment

 



Halloo! Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Terima kasih sudah jadi pembaca setia blog pribadi saya. Blog ini baru terbentuk selama setahun, dan ini merupakan tulisan spesial edisi ulang tahun pertama. Pada bagian ini saya ingin lebih merefleksikan apa saja yang telah saya capai dan lalui, terutama terkait dengan keahlian saya, sekaligus sebagai cara saya memperkenalkan diri lebih detail kepada para pembaca.


Nama lengkap saya Faqih Ashri. Saya lahir di Kota Bima di tahun 1990. Sampai saat ini saya masih setia berdomisili di kota kelahiran, walaupun beberapa tahun lamanya saya menghabiskan waktu di daerah rantauan untuk menuntut ilmu dan mencari pengalaman.


Background pendidikan saya adalah Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. S1-nya saya kuliah di Universitas Brawijaya Malang. S2-nya saya di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Saya begitu mencintai dunia perencanaan kota, bahkan jauh sebelum lulus dari bangku sekolah. Hampir tidak ada niat lain dalam hati untuk melanjutkan ke jurusan lain. Singkatnya, saya selalu dimudahkan untuk melalui ujian nasional masuk perguruan tinggi impian berkat niat yang kuat serta doa dari kedua orang tua.



Saya saat ini bekerja sebagai PNS pada Dinas PUPR Kota Bima. Saya bergabung di pemerintah daerah sejak Maret 2019, melalui seleksi yang sangat ketat. Sebelumnya saya sempat bekerja di salah satu Bank BUMN selama 4 tahun. Dua tahun bekerja sebagai banker, saya langsung menikahi gadis pilihan saya di pertengahan tahun 2016. Kini, kami telah dikaruniai dua orang jagoan dari hasil pernikahan itu. Namun, penghasilan yang besar tidak lantas membuat saya nyaman bekerja. Idealisme tentang penerapan ilmu perencanaan kota yang nihil membuat saya kerap merencanakan untuk resign (keluar) dari bank. Akhirnya harapan itu menjadi kenyataan di tahun 2018. Saya mengikuti seleksi CPNS dan berhasil mendapatkan peringkat pertama dari hanya satu yang dibutuhkan, menyisihkan ratusan peminat pada formasi yang saya tuju, yaitu analis pengembangan infrastruktur. Disinilah kemudian saya menemukan jati diri yang sesungguhnya.


Sejak usia sekolah saya sudah berkeinginan berkontribusi memajukan daerah kelahiran. Bergabung di pemerintahan adalah sebagian dari mimpi yang menjadi kenyataan. Rasa syukur itu saya wujudkan dalam bentuk upaya mengembangkan diri dan tidak ingin berada di zona nyaman.



Saya suka bertemu dengan banyak orang, mendengarkan persepsi mereka, sehingga dapat menganalisa bentuk-bentuk pola pikir manusia yang beragam. Saya tergabung dalam organisasi profesi Ikatan Ahli Perencana (IAP) NTB dan memegang sertifikasi perencana ahli muda. Hobi saya membaca dan menulis. Saya aktif menulis opini tentang isu-isu pembangunan perkotaan melalui koran nasional, koran lokal, blog pribadi, hingga personal media sosial.





Tahun pertama sebagai ASN, saya langsung mewakili dinas dalam ajang inovasi dan teknologi tepat guna. Inovasi tersebut berupa penggunaan Sistem Informasi Geospasial berbasis partisipasi partisipasi masyarakat guna mendeteksi dan memetakan secara dini kebocoran pipa air minum di sekitar tempat tinggal masyarakat. Inovasi ini berhasil menjadi runner-up di tingkat kota, walaupun belum berhasil menembus hingga ke level nasional.


Tahun kedua mengabdi, saya memutuskan untuk mengikuti seleksi beasiswa Magister dari Bappenas. Dan saya berhasil  menjadi lulusan tercepat dengan hanya 1 tahun 4 bulan dan berpredikat cumlaude. Tesis saya tentang kerja sama pariwisata regional antara Kab. Magelang dan Kab. Kulon Progo pun diakui serta digunakan oleh kedua pemerintah daerah sebagai input dalam program dan kebijakan lanjutan mereka. Dan artikel jurnalnya saya presentasikan dalam seminar internasional kala itu. Di kampus pascasarjana, saya tidak hanya belajar. Saya aktif mengikuti lomba-lomba yang diadakan pihak ekternal untuk mewakili kampus. Saya juga aktif bergabung dalam setiap kegiatan UKM sepakbola pascasarjana dengan mengikuti setiap Latihan dan pertandingan melawan tim-tim dari luar kampus.



Perlu digarisbawahi juga, jauh sebelum meninggalkan kota untuk tugas belajar dari kantor, saya terlebih dahulu membimbing dan mengajari rekan kerja CPNS yang baru bergabung tentang semua pekerjaan yang selama ini biasa saya handle. Ini adalah sebuah komitmen knowledge transfer yang saya lakukan agar urusan dinas tetap bisa berjalan lancar walaupun dengan orang yang berbeda.


Sepulang dari tugas belajar, saya dibantu rekan satu ruangan, kembali mewakili Kota Bima untuk mengikuti kompetisi inovasi (SINOVIK) dari KemenPAN-RB. Inovasi kedua ini berupa upaya merevitalisasi aksi sedot tinja untuk menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kami berhasil masuk nominasi TOP 99 Nasional menyisihkan ribuan pesaing lain melalui proposal inovasi tersebut.



Selain mengikuti lomba, saya juga membantu 6 orang rekan kerja di bidang saya untuk mengikuti uji kompetensi perpindahan dari jabatan pelaksana menjadi jabatan fungsional, mulai dari mencari informasi awal ke kementerian, mengurus syarat-syaratnya, hingga pelaksanaan uji kompetensinya. Saya dan 6 orang rekan tersebut akhirnya berhasil lulus dengan meyakinkan tepat di tahun terakhir kebijakan perpindahan jabatan.


Kini dan kedepannya saya sangat fokus mengembangkan diri, menjalankan pekerjaan sebagai hobi, serta paling utama adalah untuk terus menjaga dan memperkaya data perencanaan dan pembangunan kota, baik dalam bentuk struktural maupun spasial. Karena data adalah unsur paling pentin dalam arah pembangunan daerah yang tepat guna dan berhasil guna.


Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Jangan lupa follow blog ini untuk mendapatkan update tulisan terbaru dari saya. Sehat dan sukses untuk kita semua!

 

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar: